TUGAS 7 - PROCESS MODELLING

Process Modelling Transaksi Pembayaran Transmart Menggunakan Aplikasi AlloBank

A. Process Modelling

Proses modelling adalah cara formal untuk menggambarkan bagaimana bisnis beroperasi. Mengilustrasikan aktivitas-aktivitas yang dilakukan dan bagaimana data berpindah diantara aktifitas-aktifitas itu. Ada banyak cara untuk merepresentasikan proses model, cara yang populer adalah dengan menggunakan data flow diagram (DFD). Ada 2 jenis DFD, Logical DFD yang menggambarkan proses tapa menyarankan bagaimana mereka akan dilakukan. Kedua adalah Fisikal DFD yang menggambarkan proses model berikut implementasi pemrosesan informasinya.


B. Data Flow Diagram

Untuk membaca suatu elemen DFD kita harus memahami elemen-elemen yang menyusun suatu DFD. Ada 4 elemen yang menyusun suatu DFD, yaitu:
  1. Proses Aktifitas atau fungsi yang dilakukan untuk alasan bisnis yang spesifik, bisa berupa manual maupun terkomputerisasi.
  2. Data flow Satu data tunggal atau kumpulan logis suatu data, selalu diawali atau berakhir pada suatu proses.
  3. Data Store Kumpulan data yang disimpan dengan cara tertentu. Data yang mengalir disimpan dalam data store. Aliran data diupdate atau ditambahkan ke data store.
  4. External entity Orang, organisasi, atau sistem yang berada di luar sistem tetapi berinteraksi dengan sistem. 
Masing-masing elemen akan diberi lambang tertentu untuk membedakan satu dengan yang lain. Ada beberapa metode untuk menggambarkan elemen-elemen tersebut.


C. DFD (Data Flow Diagram) Transaksi Pembayaran Transmart Menggunakan   Aplikasi AlloBank

Berikut merupakan Data Flow Diagram (DFD) yang telah saya buat berdasarkan analisis proses penggunaan aplikasi Allo Bank untuk berbelanja di Transmart :

Context Diagram

Level 0


Level 1

Comments

Popular Posts