Pertemuan ke-16 [Final Project]


Pada final project PBKK kali ini, saya akan memilih paper mengenai pembuatan website dinamis dengan menggunakan ASP.NET untuk sebuah perusahaan. Framework ASP.NET merupakan salah satu metode yang dikembangkan oleh Microsoft yang digunakan untuk pembangunan website dinamis. Pengembangan tersebut pada akhirnya menghasilkan webiste dinamis yang interaktif, menyedikan informasi dan layanan keluh kesah bagi para pengunjung ataupun pelanggan dari perusahaan tersebut.

Citation      : Aulia, Fityan, and Oktivasari, Prihatin, 2017.Pengembangan Website Dinamis Menggunakan ASP.NET MVC dan SQL Server Dengan Metode RAD (Studi Kasus: PT X). Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan, Vol (2) No 1

Tugas Individu :
  1. Buatlah deskribsi studi kasus aplikasi ditinjau dari MVC nya
    • Aplikasi yang akan dibuat adalah sebuah aplikasi berbasis website yang bertindak sebagai sistem informasi mahasiswa yang berfungsi untuk mencatat semua daftar tugas yang harus dikerjakan. Aplikasi ini akan dikembangkan menggunakan bahasa C# dan memanfaatkan NET Framework. Pengembangan ini sejalan dengan paper yang saya gunakan, karena tujuannya adalah menciptakan website dinamis yang interaktif, menyediakan informasi, dan layanan bagi pengguna.
    • Arsitektur MVC digunakan untuk membagi-bagi pengerjaan aplikasi menjadi bagian kecil yaitu dibagi menjadi model, view, dan controller. Dengan demikian proses pengerjaan menjadi lebih fokus karena pengembang mengerjakan aplikasi tersebut secara terpisah (terbagi atas front-end dan back-end) serta proses maintenance menjadi lebih fleksibel. Alur program aplikasi dengan MVC :

    • a. Business Layer (Model) memiliki peran untuk merepresentasikan keadaan pada aspsek-aspek tertentu, maksudnya model mengimplementasikan logika untuk data domain pada aplikasi, sebagai contoh ketika dalam pengembangan membuat suatu objek pgawai yang terdiri dari atribut seperti nama pegawai, alamat pegawai dan lain sebagainya. Model juga memiliki peran lain yaitu memproses data seperti koneksi database, querying database, dan mengimplementasikan business rules. Data pada lapisan logic ini dapat digunakan unutk diakses (pass data) dri controller ke view. Kemudian Display Layer (View) dapat menggunakan model untuk menampilkan data pada sebuah halaman. 

      Dalam aplikasi ini, model berperan sebagai entitas yang bertanggung jawab atas semua aspek terkait data, baik yang terkait dengan pengguna seperti registrasi dan login, penyimpanan profil pengguna, maupun semua postingan tugas yang harus dikerjakan oleh masing-masing pengguna. Model ini akan berkomunikasi dengan controller untuk menyampaikan berbagai jenis data yang diperlukan. 

      b. Display Layer (View) adalah data yang dipresentasikan secara grafis terlepas dari pemrosesan real data. Pada lapisan inilah komponen-komponen User Interface (UI) seperti textbox, dropdown, button, dan lain-lain digunakan untuk berinteraksi dengna pengguna.

      Dalam aplikasi ini, segala jenis tampilan termasuk halaman registrasi pengguna baru, login, tampilan home yang berisi semua postingan daftar tugas pengguna, pages untuk menambah postingan tugas baru, dan tampilan edit profile pengguna merupakan bagian dari view. View akan berkomunikasi dengan controller untuk menunjang user experience ketika menggunakan aplikasi beserta fitur yang tersedia di dalamnya. 

      c. Input Control (Controller) memiliki peran untuk menerima input dari pengguna yang kemudian akan menjadi action. Contohnya ketika pengguna berpindah satu halaman ke halaman yang lainnya, pengguna secara tidak langsung akan memberikan input dari view ke suatu controller lalu controller akan menampilkan halaman yang diminta. Sementara controller bertindak sebagai koordinator antara view dan model. 

  2. Buatlah rancangan umum arsitektur atau fitur yang ada dalam aplikasi
    • Dalam aplikasi ini terdapat fitur autentifikasi yang mengharuskan pengguna untuk mendaftarkan akun email yang dimiliki kemudian nantinya akan ada kode verifikasi yang dikirimkan melalui email pengguna. Setelah pengguna berhasil menerima email verifikasi, pengguna bisa masuk dengan menggunakan kredensial yang sudah mereka daftarkan sebelumnya. Halaman awal yang akan dijumpai oleh pengguna adalah landing page dimana dari halaman tersebut pengguna akan diarahkan menuju halaman postingan list tugas-tugas yang sudah ditambahkan. Selain itu, pada halaman ini pengguna juga bisa menambahkan list tugas baru, mengedit, melihat detail tugas, atau bahkan menghapus tugas. Pada halaman profile pengguna, pengguna bisa melakukan edit akun dengan cara mengganti email, memperbarui passsword akun, menambahkan no hp, dan bahkan bisa melakukan hapus akun. Berikut list fitur-fitur apa saja yang tersedia di aplikasi ini :
        • Sign up untuk pengguna baru
        • Email verification
        • Login
        • Menambahkan tugas baru
        • Mengedit tugas yang sudah ditambahkan
        • Melihat detail tugas yang sudah ditambahkan
        • Menghapus tugas yang sudah ditambahkan
        • Mengedit user account (mengganti alamat email pengguna, menggganti password akun, menambahkan no telp)
        • Menghapus Akun
  3. Buatlah rancangan desain databasenya 
  4. Buatlah rancangan desain front-endnya 
  5. Tentukan Control yang akan mengandle logika back end. 
    • Seperti penjelasan diatas, input controller (controller) memiliki peran untuk menerima input dari pengguna yang kemudian akan menjadi action. Berikut list controller yang akan terdapat di dalam aplikasi ini :
        1. User Controller
          • Controller yang bertanggung jawab atas semua mekanisme yang berkaitan dengan pengguna seperti registrasi akun, login, edit profile pengguna, hapus akun, dll. Controller ini berhubungan langsung dengan user model.
        2. Home Controller
          • Controller yang bertanggung jawab untuk merespon permintaan menuju halaman utama dengan action view return menuju halaman utama, selain itu controller ini juga merespons ketika terjadi kesalahan terhadap aplikasi dengan mereturn hasil view yang menunjukkan informasi error seperti id permintaan dan trace identifier. Controller ini berhubungan dengan error view model.
        3. Post Controller
          • Controller ini bertanggung jawab untuk menghandle postingan tugas baru, mengedit postingan tugas, melihat detail tugas, dan menghapus tugas yang sudah ditambahkan. Controller ini berhubungan dengan post model.
Tugas Kelompok :
Anggota Kelompok
1. Laurivasya Gadhing Syahafidh - 5025211136
  1. Implementasikan rancangan yang sudah dibuat  menggunakan Framework NET, CI ataupun Framework Google
    • Dalam pengembangan aplikasi ini, saya memilih untuk menggunakan .NET Framework sebagai backend dan Bootstrap sebagai frontend. Aplikasi yang saya buat adalah ToDoITS yang berfungsi mencatat semua tugas-tugas mahasiswa. Hasil implementasi dapat diakses melalui link berikut Sourcecode ToDoITS
  2. Video demo penjelasan terkait aplikasi yang sudah dibuat  


Comments

Popular Posts